Post ADS 1

Dicky Saromi: Pentingnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia

Dicky Saromi: Pentingnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia
Dicky Saromi: Pentingnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia

Kabaran Jabar, - Tanggal 1 Juni setiap tahun diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila untuk mengenang momen ketika para pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).


Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Daerah Kota Cimahi mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Apel kantor Pemkot Cimahi.


Acara ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Cimahi serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, pada Sabtu (1/6/2024).


Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, bertindak sebagai pembina upacara dan menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.


Dalam sambutannya, Dicky menekankan pentingnya peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai pemersatu di tengah keragaman bangsa Indonesia.


"Bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa yang memungkinkan berbagai perbedaan menjadi satu kesatuan dalam Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.


Dicky juga menyampaikan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada di Indonesia dianggap sebagai berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".


Mengenai tema peringatan tahun 2024, "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045",


Dicky menyoroti peran Pancasila dalam menuntun bangsa Indonesia menuju 100 tahun kemerdekaan dan visi Indonesia Emas 2045.


"Nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Dicky.


Dicky mengingatkan bahwa mengamalkan nilai-nilai Pancasila akan menjaga orientasi bangsa dan penting untuk merawat serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak kehilangan arah.


Dicky mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan cara-cara yang sesuai perkembangan zaman, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan menjadikan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.


Ia menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.


"Meskipun tantangan di era digital ini besar, dengan semangat Pancasila yang kuat, bangsa Indonesia mampu mengatasi berbagai tantangan. Di tengah krisis global, Indonesia telah berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," ungkap Dicky.


Dicky menutup sambutannya dengan ajakan untuk bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. "Selamat Hari Lahir Pancasila!," pungkas Dicky.


Sejalan dengan pernyataan Pj Wali Kota Cimahi, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, menekankan pentingnya pendalaman karakter berbasis Pancasila untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar.


Ia menegaskan komitmen pihaknya untuk terus melakukan pembinaan karakter Pancasila, khususnya di kalangan generasi muda di Kota Cimahi.


“Penanaman nilai-nilai Pancasila dan pembinaan Pancasila merupakan bagian integral dari setiap program dan kegiatan yang kami jalankan. Semua ini mengandung nilai-nilai Pancasila dengan harapan masyarakat Kota Cimahi di masa depan akan hidup dalam kedamaian dan keberkahan, serta mencapai kemajuan,” ujarnya.


Dikdik juga mengajak masyarakat Kota Cimahi untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai tersebut tertanam dalam hati setiap individu di Kota Cimahi.


“Mari kita terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk generasi muda, terutama yang masih bersekolah, mari kita tanamkan karakter Pancasila. Pada akhirnya, ini akan membawa manfaat bagi kita semua,” tegasnya. (Ikps)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Dicky Saromi: Pentingnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink