Post ADS 1

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Cimahi

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Cimahi
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Cimahi

Kabaran Jabar, - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Cimahi. Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menyelenggarakan berbagai acara untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

Kegiatan dimulai dengan apel pagi, diikuti oleh pembagian gerobak sampah kepada tiga RW, penyerahan Surat Keputusan (SK) Bank Sampah Unit, pemberian santunan simbolis kepada keluarga penyapu jalan, dan ditutup dengan penanaman 116 bibit pohon.

Acara berlangsung di bekas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah di Cireundeu, Leuwigajah, Cimahi Selatan pada Senin, 10 Juni 2024.

Kepala DLH Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, menyampaikan bahwa tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 adalah "Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience" dengan slogan "Our Land, Our Future, Generation Restoration."

Kegiatan tahun ini berfokus pada pemulihan lahan, pengendalian penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Chanifah menjelaskan bahwa tujuan peringatan ini selain meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, juga untuk mengatasi krisis iklim melalui inovasi yang konsisten serta memperkuat partisipasi publik dalam pengelolaan lingkungan.

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, mengutip pidato Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, menegaskan pentingnya kesadaran individu dalam merawat dan menjaga lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan.

"Pemulihan lahan adalah kunci untuk menghadapi kekeringan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Dicky.

Bekas lahan TPA Leuwigajah dipilih untuk restorasi lingkungan. Dicky berharap lahan yang pernah terbengkalai ini dapat dirawat dan dimanfaatkan kembali.

"Restorasi lahan ini selain memberikan manfaat ekosistem yang signifikan, juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Area bekas TPA Leuwigajah diharapkan menjadi ruang terbuka hijau yang bermanfaat bagi lingkungan Kota Cimahi," ujarnya.

Dicky optimis masyarakat sekitar akan turut menjaga bibit pohon yang ditanam, karena tanaman ini memiliki nilai ekonomi dan bermanfaat bagi mereka.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi momen sesaat, tetapi menjadi titik balik untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penghijauan di Kota Cimahi.

Selain kegiatan di bekas lahan TPA Leuwigajah, DLH Kota Cimahi juga mengadakan berbagai acara dalam rangkaian peringatan ini, termasuk bersih sungai, gerakan bersepeda ramah lingkungan, uji emisi dan monitoring kendaraan bermotor, edukasi sampah di tingkat RW, pemantauan kualitas air sumur, dan pengembangan teknologi pendukung pengelolaan sampah di Cimahi. (Ikps)

Editor: Mas Bons

(Ayo ikuti saluran WhatsApp Kabaran Jabar Portal Informasi biar enggak ketinggalan update)

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Cimahi"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -