Post ADS 1

Prima Yosephine Menganjurkan Imunisasi Kombinasi Efektif

Prima Yosephine Menganjurkan Imunisasi Kombinasi Efektif
Prima Yosephine Menganjurkan Imunisasi Kombinasi Efektif

Prima Yosephine Menganjurkan Imunisasi Kombinasi Efektif

Kabaran Jabar, - Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, Prima Yosephine, menyatakan bahwa menggunakan lebih dari satu jenis vaksin dalam satu sesi imunisasi telah disarankan oleh para ahli.

Pernyataannya ini sebagai tanggapan terhadap laporan kematian bayi MKA di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024), yang diduga terkait dengan imunisasi ganda.

"Imunisasi kombinasi telah direkomendasikan oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization dan Ikatan Dokter Anak Indonesia. Kombinasi imunisasi ini dianggap aman dalam satu kali kunjungan," ungkapnya di Jakarta, Minggu 30 Juni 2024.

Prima menyatakan bahwa pemberian vaksin sesuai dengan jadwal imunisasi nasional mengikuti rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), baik itu jadwal imunisasi rutin maupun kejar.

Menurutnya, memberikan imunisasi yang mengombinasikan lebih dari satu antigen atau jenis vaksin dianggap sama aman dan efektifnya dengan imunisasi yang hanya menggunakan satu jenis vaksin.

Menurut Prima, pentingnya mendapatkan beberapa vaksin atau kombinasi vaksin dalam satu kunjungan adalah untuk melindungi anak dari berbagai penyakit sedini mungkin.

"Karena, hal ini juga mempermudah untuk memastikan anak mendapatkan semua dosis yang dianjurkan sesuai jadwalnya," katanya.

Menurutnya, penting untuk diketahui bahwa menerima dua dosis vaksin tidak memberatkan sistem kekebalan tubuh.

"Jumlah antigen dalam vaksin hanya sebagian kecil dari yang secara alami ditemui oleh tubuh kita setiap hari," katanya.

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, menerima kombinasi vaksin dalam satu waktu tidak menyebabkan masalah kesehatan kronis.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengevaluasi efek dari berbagai kombinasi vaksin.

Vaksin-vaksin yang direkomendasikan terbukti efektif baik jika diberikan secara terpisah maupun dalam satu suntikan.

Terkadang, beberapa kombinasi vaksin yang diberikan bersamaan dapat menyebabkan demam. Namun, kondisi ini bersifat sementara dan tidak menimbulkan kerusakan permanen.

Prima menyatakan bahwa manfaat dari imunisasi ganda di Indonesia termasuk memberikan perlindungan secepat mungkin. Imunisasi diberikan tepat waktu untuk melindungi anak pada periode rentan mereka.

Selain itu, pemberian beberapa jenis imunisasi secara bersamaan mengurangi jumlah kunjungan ke fasilitas kesehatan, yang mana orangtua dan anak tidak perlu datang berkali-kali.

"Dengan imunisasi ganda, trauma pada anak seperti kecemasan dan rasa sakit saat disuntik dapat dikurangi," tambahnya.

Di samping itu, pemberian dua jenis vaksin dalam satu waktu juga meningkatkan efisiensi dan memungkinkan petugas kesehatan untuk memberikan imunisasi kepada lebih banyak anak, serta menjalankan program kesehatan lainnya dengan lebih baik. *

(Ayo ikuti saluran WhatsApp Kabaran Jabar Portal Informasi biar enggak ketinggalan update)

Reporter: -
Editor: Mas Bons
Sumber: Antara

Posting Komentar untuk "Prima Yosephine Menganjurkan Imunisasi Kombinasi Efektif"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink