Komisi IV DPRD Kota Cimahi Sidak ke RSUD Cibabat

Komisi IV DPRD Kota Cimahi Sidak ke RSUD Cibabat


Kabaran Wakil Rakyat
, - Komisi IV DPRD Kota Cimahi menyoroti buruknya sarana prasarana dan fasilitas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

Pasalnya, hal tersebut dinilai akan membuat masyarakat berpikir ulang untuk berobat ke RSUD Cibabat.

Komisi IV DPRD Kota Cimahi beberapa waktu lalu, berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak), didapati banyak fasilitas di RSUD Cibabat yang rusak atau tidak terawat, salah satunya di ruang VIP (Very Important Person).

Bahkan, kondisi air di toiletnya pun bau dan tidak layak digunakan. Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Lavilianto menerangkan, fasilitas VIP RSUD Cibabat sangat tidak terawat karena banyak plafon bocor hingga sebagian dindingnya berlumut.

"Bagaimana masyarakat mau memanfaatkan fasilitas RS, sedangkan fasilitasnya sendiri tidak berusaha diperbaiki, jadi tidak maksimal terutama di pendapatan," kata Ayis ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/1/2023).

Pasca sidak yang dilakukan Komisi IV, kata Ayis, pihak RSUD Cibabat telah melakukan pertemuan dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Cimahi. Namun, pihaknya belum mendapatkan informasi terkait ada atau tidaknya perbaikan terhadap fasilitas yang rusak.

"Bahkan RS itu kabarnya malah menurunkan kelas. Yang tadinya ruangan tersebut VIP dipake untuk kelas di bawahnya. Mungkin nanti setelah diperbaiki akan VIP lagi," kata dia.

Jika persoalan tersebut tak kunjung ditangani, Ayis memastikan RSUD Cibabat bakal mengalami kerugian dari segi pendapatan. Sebab, jumlah kedatangan pasien ke rumah sakit tipe B tersebut akan berkurang 

"Apalagi sekarang dengan sistem rujukan berjenjang, dari RS tipe D, tipe C, kemudian tipe B, otomatis tidak langsung ke Cibabat tapi ke RS tipe D atau C dulu, baru nanti ke Cibabat," tuturnya.

Dengan berbagai persoalan tersebut, kata Ayis, pihaknya di Komisi IV mendesak RSUD Cibabat segera melakukan perbaikan. Sehingga, nantinya masyarakat akan merasa nyaman saat berobat karena fasilitas yang tersedia juga baik.

"Kalau dinanti-nanti, gimana masyarakat mau tertarik berobat ke Cibabat karena fasilitas gak diperbaiki. Kita lihat 1-2 bulan ini, nanti di perubahan ada perencanaan perbaikan atau renovasi gak. Kalau belum kita sidak lagi atau kita bikin surat panggilan," tandasnya.

Posting Komentar untuk "Komisi IV DPRD Kota Cimahi Sidak ke RSUD Cibabat"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1