Iran Akan Luncurkan Rudal ke Yordania Jika Berkolaborasi dengan Israel

Iran Akan Luncurkan Rudal ke Yordania Jika Berkolaborasi dengan Israel / Foto: Fars

Iran Akan Luncurkan Rudal ke Yordania Jika Berkolaborasi dengan Israel

Kabaran Dunia, - Iran melakukan serangan udara ke Israel sejak Sabtu malam, 13 April 2024. Namun, sejumlah rudal yang ditembakkan oleh Iran gagal mencapai wilayah Tel Aviv.

Beberapa rudal telah dihancurkan oleh Yordania. Yordania menyebut tindakan ini sebagai langkah untuk melindungi warganya dari roket dan drone Iran yang melintasi wilayah udara Amman menuju Israel.

"Beberapa pecahan peluru jatuh di beberapa lokasi selama periode tersebut, namun tidak menyebabkan kerusakan serius atau cedera pada warga," ujar Pemerintah Yordania dalam pernyataan resminya seperti dilansir dari Times of Israel, Minggu (14/4/2024).

Sumber dari Yordania memberitahu Times of Israel bahwa satu drone berhasil dijatuhkan di udara di sebelah Lembah Yordan di Yordania yang menuju ke arah Yerusalem.

Sementara yang lainnya dicegat di dekat perbatasan antara Irak dan Suriah. Namun, mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kejadian tersebut.

Di lingkungan selatan ibu kota Amman, sekitar 60 kilometer dari Yerusalem, terlihat beberapa drone jatuh. Para warga berkumpul di sekitar puing-puing drone besar yang diduga jatuh di kawasan komersial di pinggiran kota Marj Al Hamam.

Sebelumnya, Yordania telah mengumumkan penutupan wilayah udaranya mulai Sabtu malam bagi semua pesawat yang hendak masuk, berangkat, atau transit.

Para pejabat menyatakan kepada Reuters bahwa tindakan ini merupakan langkah pencegahan dalam mengantisipasi kemungkinan serangan dari Iran yang melintasi perbatasannya.

"Pihak berwenang terkait telah memutuskan untuk menutup wilayah udara sebagai langkah pencegahan karena kondisi keamanan di sekitarnya," ungkap juru bicara pemerintah Yordania, Muhammad Mubaideen.

Dalam respons terhadap langkah tersebut, Iran juga memberikan respons yang tegas.

Menurut Al Arabiya, sumber di Angkatan Bersenjata Iran mengindikasikan bahwa Teheran sedang memonitor situasi dan mengancam akan meluncurkan rudal ke Yordania jika negara tersebut "berkolaborasi" dengan Israel.

Media milik pemerintah Iran, Fars melaporkan bahwa militer Iran secara cermat memantau langkah-langkah Yordania selama serangan balasan terhadap rezim Zionis, dan jika Yordania ikut campur, negara tersebut akan menjadi sasaran berikutnya.

"Bahwa peringatan yang diperlukan telah dikeluarkan ke Yordania dan negara-negara regional lainnya sebelum operasi tersebut," tulis media tersebut yang terkait erat dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Iran Akan Luncurkan Rudal ke Yordania Jika Berkolaborasi dengan Israel"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1