Post ADS 1

Saatnya Ormas Bersinergi dengan Pemerintah untuk Mendukung Pembangunan

Saatnya Ormas Bersinergi dengan Pemerintah untuk Mendukung Pembangunan
Saatnya Ormas Bersinergi dengan Pemerintah untuk Mendukung Pembangunan

Kabaran Jabar, - Pakar pemerintahan dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi, menyatakan bahwa sudah saatnya organisasi kemasyarakatan (ormas) bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung pembangunan demi tercapainya tujuan negara.


Pandangan ini disampaikan pada acara Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Tahun 2024 yang bertema "Melalui Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Kita Perkuat Peran Organisasi Masyarakat dalam Rangka Mewujudkan Kabupaten Bandung Bedas 2024" di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung, Rabu (15/05/2024).


Di hadapan 200 peserta dari 100 ormas di wilayah Kabupaten Bandung, Djamu menekankan pentingnya peran strategis ormas sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam mengawal pembangunan daerah.


“Pada forum ini, masyarakat dipandang sebagai pemangku kepentingan yang setara dengan unsur lainnya. Dengan demikian, ormas dapat menyampaikan aspirasi masyarakat langsung kepada pemerintah untuk mengawal pembangunan daerah,” jelas Djamu.


Bupati Bandung, Dadang Supriatna, dalam sambutannya, menggarisbawahi bahwa ormas memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Menurutnya, ormas adalah wadah penting untuk menjalankan kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul sesuai amanah undang-undang.


Ia menilai, pembinaan ormas ini tidak hanya menjadi agenda rutin, tetapi juga berfungsi untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dan ormas dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Bandung Bedas.


"Saya berharap ke depannya akan lahir ormas yang mandiri, peka terhadap masalah masyarakat, mampu mengaktualisasikan aspirasi masyarakat, serta mendukung visi-misi Pemkab Bandung untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih berkualitas dan sejahtera," lanjutnya.


Bambang Sukmawijaya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung yang juga hadir, menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai tugas pokok dan fungsi ormas di masyarakat.


"Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada organisasi kemasyarakatan mengenai tugas pokok dan fungsi mereka serta mewujudkan sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dan ormas," ujar Bambang.


Menurut Bambang, ormas adalah unsur penting dalam pembangunan nasional yang harus dibina agar dapat mendampingi dan mendukung pembangunan di Kabupaten Bandung.


"Pembinaan ini tidak hanya memperkecil peluang terjadinya konflik di bidang sosial-politik tetapi juga memelihara stabilitas daerah yang sehat dan dinamis," tambahnya.


Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan peran aktif dan sinergi antara ormas dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan serta stabilitas daerah yang sehat. (Bd20)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Saatnya Ormas Bersinergi dengan Pemerintah untuk Mendukung Pembangunan"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink