Post ADS 1

PT Heinz ABC Indonesia Tanam 1.000 Pohon untuk Konservasi di Jawa Timur

PT Heinz ABC Indonesia Tanam 1.000 Pohon untuk Konservasi di Jawa Timur
PT Heinz ABC Indonesia Tanam 1.000 Pohon untuk Konservasi di Jawa Timur

Kabaran Jabar, - Sebagai bagian dari tanggung jawab lingkungan, PT Heinz ABC Indonesia melanjutkan program penanaman 1.000 pohon untuk mendukung konservasi hutan dan daerah tangkapan air di Jawa Timur.

Program ini, bekerja sama dengan Yayasan Cempaka, dilaksanakan di daerah tangkapan air Curah Tangkil, Desa Dayurejo, Kabupaten Pasuruan.

Sejak 2018, ABC telah menanam 4.000 pohon bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Forum Daerah Aliran Sungai Kabupaten Pasuruan.

Hendry Pranadjaya Oeswadi, Plant Manager Kraft Heinz Indonesia di Pasuruan, menyatakan bahwa sejak mulai beroperasi pada 1996,

Pabrik Heinz ABC di Pasuruan berkomitmen memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Tahun ini, mereka melanjutkan penanaman 1.000 pohon sebagai bagian dari upaya memelihara sumber mata air.

Penanaman ini akan terus dilakukan secara berkala selama sepuluh tahun ke depan.

Sarifudin Lathif, Direktur Yayasan Cempaka, menjelaskan bahwa 1.000 bibit tanaman yang akan ditanam sebagian besar adalah tanaman buah seperti alpukat, durian, kopi, kayu manis, dan pohon lokal seperti sintok. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk konservasi area resapan air, tetapi juga meningkatkan ekonomi petani melalui sistem agroforestri.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk ABC sebagai pemrakarsa dan penyandang dana, Yayasan Cempaka sebagai pelaksana utama, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan yang mengoordinasi dan mengawasi pelaksanaan.

Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai Kabupaten Pasuruan dan kelompok petani lokal juga turut serta dalam penentuan lokasi, monitoring, dan pelaksanaan di lapangan.

Sugito, Ketua Pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa Lokajaya Binangun, mengapresiasi kolaborasi ini, yang melibatkan masyarakat setempat dalam pemeliharaan pohon, sehingga mereka dapat menikmati manfaat ekonomi dan lingkungan.

Muhamad Muhsin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan menyatakan bahwa penanaman pohon ini telah meningkatkan debit mata air Curah Tangkil, yang penting bagi irigasi dan ternak setempat.

Monitoring dan evaluasi dilakukan dua kali setahun menggunakan teknologi aplikasi digital BumiBaik, yang melacak kondisi dan pertumbuhan pohon.

Komitmen terhadap konservasi ini merupakan bagian dari pilar Environment Stewardship dalam tiga fokus utama ESG (Environment Social Governance) dari ABC. 

ABC memiliki visi "Proudly Make Delightful Food Available for Every Indonesian Family" dan menyediakan berbagai produk kebutuhan pokok keluarga sejak 1975.

Sementara itu, Yayasan Cempaka berdiri pada 2016 dengan visi menciptakan masyarakat mandiri berbasis ekonomi dan lingkungan, melalui berbagai program pemberdayaan dan konservasi. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "PT Heinz ABC Indonesia Tanam 1.000 Pohon untuk Konservasi di Jawa Timur"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink