Post ADS 1

Pemkot Banjar Bersiap Sambut Idul Adha 2024

Pemkot Banjar Bersiap Sambut Idul Adha 2024
Pemkot Banjar Bersiap Sambut Idul Adha 2024

Kabaran Jabar, - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar tengah mempersiapkan diri untuk menyambut Idul Adha 2024 (1445 Hijriyah), yang akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah Sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha) dalam Pemotongan Hewan Kurban. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, pada Selasa, 4 Juni 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjar, Soni Harison, secara resmi membuka acara ini. Sosialisasi ini diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPP) Kota Banjar.

Sebanyak 30 Juleha dari seluruh kecamatan, desa, dan kelurahan di Kota Banjar menjadi peserta. DKPP Kota Banjar juga menghadirkan dua narasumber untuk memberikan panduan tentang pemotongan hewan kurban.

Narasumber pertama adalah Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi Jawa Barat. Narasumber kedua adalah seorang praktisi juru sembelih halal dari Bumi Pasundan.

Sekda Soni Harison, mewakili Pemkot Banjar, mengapresiasi pelaksanaan Sosialisasi Juleha di Kecamatan Purwaharja. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian dalam proses pemotongan hewan kurban.

"Yang terpenting, sosialisasi ini memberikan ketenangan bagi penerima daging kurban, karena proses pemotongan hewan kurban telah sesuai dengan aturan dan syariat Islam," ujarnya.

Soni Harison juga menyebutkan kesiapan hewan kurban di wilayahnya. Menurutnya, DKPP Kota Banjar secara periodik telah melakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku yang terjadi pada Idul Adha 2023 (1444 Hijriyah).

"Tahun lalu, pemotongan hewan kurban di Kota Banjar hampir mencapai 2.000 ekor. Oleh karena itu, keberadaan Juleha sangat penting untuk memastikan ibadah kurban dapat dilaksanakan dengan baik," tutur Soni Harison.

Ia juga berharap ke depan, akan ada database dari Distan Kota Banjar untuk menyusun rencana kerja selanjutnya, seperti persiapan kaderisasi Juru Sembelih Hewan Kurban. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pemkot Banjar Bersiap Sambut Idul Adha 2024"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink