Penggalangan Donasi, Ketua Umum BKN: Khodijah Jadi Korban Oknum Yayasan

Penggalangan Donasi, Ketua Umum BKN: Khodijah Jadi Korban Oknum Yayasan


Kabaran Jabar, - Keluarga korban Yosa Romdoni memenuhi panggilan penyidik Sat Reskrim Polres Kota Tasikmalaya terkait kasus dugaan penggelapan penggalangan donasi atas nama pasien Khodijah Talita Saki, Senin 19 September 2022.

Dikesempatan itu awak media mewawancarai Yosa Romdoni dan beliau menyampaikan bahwa kasus tersebut.

"Atas nama Khodijah Talita Saki anak saya oleh Website beramaljariah.org, kitabisa.com, Raihmimpi.id merasa dirugikan. Karena dana yang terkumpul begitu besar mencapai total Rp.581.818.786," ucapnya.

Namun sampai saat ini dana tersebut tidak jelas sisanya kemana, bahkan hanya keterima oleh pihak keluarga pasien sebagai berikut:

• Yayasan Sahabat Beramal Jariah Rp.25.800.000.
• Yayasan Sahabat Amal Peduli (SAPA) sebesar Rp.24.336.000, melalui link Kita Bisa (kitabisa.com).
• Yayasan Diferensia (raihmimpi.id) sebesar Rp.3.070.000.

Jadi semua jika ditotalkan sebesar Rp.53.206.000.," ujar Yosa Romdoni.

"Untuk selanjutnya kita menunggu proses hukum selanjutnya," tambah Yosa Romdoni.

Ketua Umum Bina Karya Negeri (BKN) Mumuh Kostaman yang bergerak di Bidang Misi Kemanusiaan menegaskan.

"Oknum tersebut jangan sampai merusak Marwah Yayasan, karena kami disini sangat menjaga serta amanah. Jangan sampai memanfaatkan situasi dan kondisi yang akhirnya pihak keluarga korban dirugikan," ujar Mumuh Kostaman.

Memang perjalanan ini kami mengikuti dari awal sampai sekarang dan dilakukan investigasi (klarifikasi kepada keluarga korban).

Pada intinya bahwa tanggal 16 Mei 2021 telah ditemukan oleh keluarga Yosa Romdoni adanya penggalangan donasi di Media Sosial waktu itu di Facebook.

Lalu saudara Yosa Romdoni mengembangkan dan menelusuri sampai ditemukan berbagai situs alamat penggalangan donasi yang lainnya seperti beramaljariah.org, amalsholeh.com, sharinghappiness.org.

Oknum Yayasan tersebut tidak meminta izin maka pada 27 Mei 2021 kedatangan dari pihak Yayasan Diferensia oleh saudara nama inisial MF dan Rekannya Bernama inisial P Datang kerumah memberikan surat pernyataan.

Lanjut setelah kami diskusi dengan Bapak H. Jenis Tukistan, S.H.M.H. Ketua Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) sudah jelas ini memenuhi unsur dugaan penggelapan   dimana narasinya adalah uang donasi terkumpul Rp.581.818.786 oleh pihak oknum Yayasan namun tidak diserahkan kepada Keluarga Pasien.

Hanya keterima sebesar 9,2%, yang sisanya tidak diserahkan kepihak keluarga Pasien Khodijah disitulah unsur penggelapannya. (Kostaman)

Posting Komentar untuk "Penggalangan Donasi, Ketua Umum BKN: Khodijah Jadi Korban Oknum Yayasan"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1