Meta Buang Ide Aset Digital dan Dompet Buatan Sendiri

Meta Buang Ide Aset Digital dan Dompet Buatan Sendiri


Kabaran Dunia, - Mulai 21 Juli mendatang, pengguna tidak bisa lagi top-up uang mereka ke dalam dompet. Meta akhirnya mengakhiri uji coba, dompet digital Novi.

Dikutip The Verge, Meta meminta pengguna melakukan penarikan dana sesegera mungkin. Penutupan bagian dari proyek kripto perusahaan tersebut akan dilakukan 1 September 2022 mendatang.

Namun bagi yang lupa maka akan dikirimkan ke rekening bank atau kartu kredit yang didaftarkan pada layanan,  Senin (4/7/2022).

Penutupan ini kurang dari satu tahun setelah melakukan program pilot ke pengguna di Amerika (AS) dan Guatemala pada bulan Oktober lalu.

Sebagai informasi, Novi dibangun untuk mendukung transaksi cepat dan gratis menggunakan kripto yang didukung perusahaan bernama Diem. Namun proyek itu ternyata mendapat masalah dari peraturan.

Tantangan ini memaksa Meta untuk bekerja sama dengan Coinbase untuk menggunakan stablecoin Paxos. Meski Meta menegaskan tetap berencana menambahkan dukungan pada Diem di masa depan, beberapa hal mulai terlihat bermasalah.

Proyek yang juga dikenal dengan nama Libra menghadapi pengawasan atas hubungannya dengan Facebook. Pada akhirnya membuat kelompok yang di belakangnya mengganti nama menjadi Diem untuk menjauhkan diri dari raksasa jejaring sosial itu.

Tak lama setelah peluncuran Oktober 2021, anggota senat AS juga pernah meminta Meta menutup Novi, karena perusahaan tidak bisa dipercaya untuk mengelola kripto. 

Masalah lainnya adalah kepala proyek kripto Meta, David Marcus meninggalkan perusahaan satu bulan kemudian. Awal tahun ini, proyek berakhir setelah aset Diem dijual US$200 juta.

Toh, penutupan Diem bukan berarti Meta membuang ide soal mengembangkan aset digital dan dompet buatan sendiri. 

Lauren Dickson, juru bicara Meta mengatakan pihaknya tetap akan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan dengan proyek pada produk baru seperti koleksi digital.

Selain itu Meta juga melirik dunia NFT setelah dilaporkan menguji coba token tersebut dalam Instagram dan meluncurkan pada Facebook untuk beberapa pembuat konten di AS.

Laporan lain, Meta dilaporkan sedang mengembangkan mata uang digital bernama Zuck Bucks yang tidak berbasis Blockchain. 

Sementara itu CEO Mark Zuckerberg mengisyaratkan akan membuat dompet digital untuk menyimpan pakaian digital, karya seni, video musik, pengalaman, hingga acara virtual.

Posting Komentar untuk "Meta Buang Ide Aset Digital dan Dompet Buatan Sendiri"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1