Gelaran WBTB 2023 Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang

Gelaran WBTB 2023 Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang
Kabaran Cimahi, - Acara Peninggalan Budaya Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Jawa Barat Tahun 2023 berlangsung di Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang pada Sabtu, 16 Desember 2023, dari pagi hingga malam hari.

Berbagai penghargaan yang diraih Sumedang menjadikannya pilihan utama untuk menjadi tuan rumah acara WBTB.

Sungguh luar biasa bahwa pada tahun 2023, Kerupuk Bangreng, Seni Ajeng Kasumedangan, dan Pengobatan Tradisional Raksa Jagat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Jawa Barat.

Khususnya, Seni Ajeng Kasumedangan dan Pengobatan Tradisional Raksa Jagat telah mendapat pengakuan nasional sebagai WBTB.

Sumedang bangga memiliki total 15 warisan budaya yang ditetapkan sebagai WBTB, dengan 9 di tingkat nasional dan 6 di tingkat Jawa Barat dari tahun 2018 hingga 2023.

Beberapa entri penting antara lain Kuda Renggong, Ngalaksa Rancakalong, Tarawangsa, Tari Umbul, Rengkong, Tari Jayengrana, Goong Renteng, dan Celempungan di tingkat nasional.

Di Jawa Barat, Bedog Cikeruh, Bangreng, Cikeruhan, Seni Ajeng Kasumedangan, Pengobatan Tradisional Raksa Jagad, dan Kerupuk Bangreng telah mendapatkan status WBTB pada tahun 2022 dan 2023.

Acara WBTB tidak hanya menampilkan warisan budaya, namun juga menampilkan Wayang Golek bersama Ki Dalang Dadan Sunarya. *

Cara pasang Iklan di Kabaran Jabar

Ikuti saluran Kabaran Jabar Portal Informasi di WhatsApp: 

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Gelaran WBTB 2023 Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1